Saturday 14 July 2012

Pengertian Bola Voli dan Teknik-Teknik Dasarnya


A. Pengertian Bola Voli

                Permainan boal voli cukup dikenal di Indonesia. Bola voli dimainkan oleh dua regu, yang tiap regu terdiri atas enam pemain. Tiap regu berusaha menempatkan bola didaerah lawan agar mendapat angka (point). Regu yang pertama mencapai angka 25 adalah regu yang menang.


B. Teknik Dasar Bola Voli
                Teknik dalam permainan bola voli dapat diartikan sebagai cara memainkan bola dengan efisien dan efektif sesuai dengan peraturan permainan yang berlaku untuk mencapai hasil yang optimal. Tujuan permainan bola voli adalah memperagakan teknik dan taktik memainkan bola dilapangan untuk meraih kemenangan disetiap pertandingan.
Teknik dasar memainkan bola voli yang harus ditingkatkan keterampilannya adalah passing bawah, passing atas, smash atau spike, servis, dan bendungan (blok).

1. Gerak Dasar Tanpa Bola

                Gerak dasar lokomotif yang menjadi landasan bagi pelaksanaan teknik dasar bola voli antara lain : Gerak dasar bergerak maju, Gerak dasar bergerak mundur, Gerak dasar bergerak ke samping kiri/kanan, dan gerak dasar melompat.

2. Gerak Dasar dengan Bola

                Gerak dasar tanpa bola dan dengan bola, pada dasarnya merupakan satu kesatuan dalam satu rangkaian gerakan. Gerak dasar tanpa bola dilaksanakan sebagai persiapan untuk melakukan gerak dasar dengan bola. Gerak dasar dengan bola meliputi servis, oper (passing), umpan (set-up), smash (spike), dan bendungan (blok).

a. Servis
                Servis adalah tindakan memukul bola oleh seorang pemain belakang yang dilakukan dari daerah servis, langsung ke lapangan lawan. Servis merupakan aksi untuk memasukkan bola ke dalam permainan. Keberhasilan suatu servis tergantung pada kecepatan bola, jalan dan perputaran bola serta penempatan bola ke tempat kosong, kepada pemain garis belakang, kepada pemain yang melakukan perpindahan tempat.

b. Passing
                Passing dalam permainan voli adalah usaha atau upaya seorangg pemain bola voli dengan cara menggunakan suatu teknik tertentu yang tujuannya adalah untuk mengoperkan bola yang dimainkannya itu kepada teman seregunya untuk dimainkan di lapangan sendiri. Bentuk – bentuk teknik passing terdiri atas passing bawah dan passing atas.

6 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Kurang lengkap menurut saya, tidak seperto link ini: http://www.sarjanaku.com/2011/09/bola-voli-sejarah-pengertian-teknik.html Saya mohon agar lebih ditingkatkan lagi pengetahuannya agar tidak memalukan diri sendiri dan orang lain. :-)

    ReplyDelete
  3. mohon maaf saya memang masih awam :) iya terimakasih atas sarannya, saya akan berusaha semampunya :)

    ReplyDelete
  4. Sudah bagus tapi Lebih ditingkat lagiya

    ReplyDelete

Komentar, pesan, kritik, dan saran...