Sabtu, 14 Juli 2012

Pengertian Bola Basket dan Teknik-Teknik Dasarnya


A. Pengertian Bola Basket

                Bola basket adalah suatu permainan yang di mainkan oleh dua regu yang masing-masing regu terdiri atas 5 orang pemain. Jenis permainan ini bertujuan untuk mencari nilai/angka sebanyak-banyaknya dengan cara memasukkan bola ke basket lawan dan mencegah lawan untuk mendapatkan nilai. Dalam memainkan bola, pemain dapat mendorong bola, memukul bola dengan telapak tangan terbuka, melemparkan atau menggiring bola ke segala penjuru dalam lapangan permainan.


B. Teknik Dasar Bola Basket

                Pada dasarnya, gerakan yang efisien adalah gerakan yang benar tanpa kehilangan tenaga yang sia-sia. Misalnya pada gerakan mendorong sesuatu, agar efisien, semua otot bekerja kea rah depan, tidak ada otot yang bergerak ke samping, baik otot-otot kaki, paha, badan, lengan dan tangan.
Dengan demikian semua gerakan efisien adalah gerakan yang mengeluarkan tenaga sedikit mungkin, tetapi menghasilkan kerja yang besar. Pada permainan bola basket, gerakan yang efektif dan efisien perlu didasarkan pada penguasaan teknik dasar yang baik. Teknik dasar permainan bola basket antara lain :

1. Teknik Menggiring Bola (dribbling)

                Menggiring bola adalah salah satu cara yang diperbolehkan oleh peraturan untuk membawa lari bola ke segala arah. Seorang pemain boleh membawa bola lebih dari satu langkah, asal bola sambil di pantulkan baik dengan berjalan maupun berlari. Menggiring bola merupakan suatu usaha untuk membawa bola menuju ke depan/lapangan lawan. Cara menggiring bola yang dibenarkan adalah dengan satu tangan (kiri/kanan). Kegunaan menggiring bola adalah untuk mencari peluang serangan, menerobos pertahanan lawan, dan memperlambat tempo permainan.

2. Teknik Melempar dan Menangkap Bola

                Pada umumnya operan dapat dilakukan dengan cepat, keras, tetapi tidak liar, sehingga dapat dikuasai oleh teman yang akan menerimanya. Operan dapat dilakukan secara lunak, tetapi akan tergantung pada situasi keseluruhan, yaitu kedudukan situasi teman, timing dan taktik yang digunakan. Memberi operan tidaklah semudah yang diduga, karna kerasnya lemparan, terlalu rendah atau terlalu tinggi operan akan menyulitkan teman untuk menerima bola.

Artikel Terkait :

3 komentar:

karyakuumy mengatakan...

Semoga bermanfaat untuk anak2 SMA.. hehe
Dulu aku dikasih tugas kaya gini.. hehe

Master Agus mengatakan...

Amiiiiiiin
Makasih !!!

Anonim mengatakan...

belajar itu penting

Poskan Komentar

Komentar, pesan, kritik, dan saran...

 
Copyright © Belajar Bersama | Theme by BloggerThemes & frostpress | Sponsored by BB Blogging