Wednesday 5 June 2013

Guru Super Asyik ( Bu Endang ) | #Guruku


SMKN 2 Bangkalan adalah sekolah dimana banyak melahirkan generasi-generasi yang muda yang berkualitas, canggih, dan sukses. Dan dibalik semua itu ada sesosok orang tua dalam sekolah yang mendidik kita, menjulurkan tangannya ketika kita jatuh, menasehati kita ketika kita salah, member motivasi ketika kita galau, dan  orang tua yang mengajari kita arti kehidupan yang jasmani dan rohani. Dan orang tua yang sering disebut atau dipanggil dengan panggilan “guru”.
                Salah satu guru yang sangat dan sangat memotivasi saya adalah guru yang super asyik, super gokil, dan super cerewet (ups). Tidak lain dan tidak bukan dia adalah guru matematikaku yang bernama “Bu Endang”. Beliau adalah guru yang mempunyai dua orang anak dan hanya satu suami, dan suaminya juga seorang guru. Beliau mengajar di SMKN 2 Bangkalan sudah lama, mungkin beliau sejajaran dengan kakak paling tua-ku yang masih mempunyai satu orang anak. Tapi dengan semangat dan kesabarannya yang membuatnya awet muda dan masih terlihat cantik, walau sudah berkepala dua dan sebagai seorang ibu (muji-muji, sapa tau nilai matematika di rapot tinggi).
                Banyak sekali guru-guru yang mengajar di SMKN 2 Bangkalan, dengan berbagai ciri khasnya masing-masing (emang makanan punya ciri khas). Tapi dari yang saya kenal, guru yang mempunyai sosok dan sifat orang tua dalam dirinya dan menganggap murid-murid-nya sebagai anak-nya sendiri (walau terkadang agak lebay) hanyalah beliau. Setiap hari dan setiap minggu saya selalu menantikan dan selalu menunggu untuk di ajari oleh beliau. Mungkin bagi sebagian murid yang pernah di ajari atau baru pertama di ajari beliau, pasti langsung mengatakan “Gurunya Asyik” (itu tanggapan dari sebagian anak yang pinter-pinter). Dan kalau tanggapan dari murid-murid buronan + gak suka matematika + agak bodoh (gak bodoh banget lhoo) bersabdah “Guru macam apa’an itu”.
                Sering saya survey di kelas saya yang sering dikatakan kelas favorit dan kebanyakan murid-murid-nya pinter-pinter semua (pinter ngakalin atau kalau yang gak ngerti pinter bohong), tentang “Bagaimana menurut anda seorang guru yang bernama Bu Endabng?”. Dan banyak yang bilang dan bahkan ¾ dari murid dikelas saya mengatakan “Gurunya asyik, seru, gak ngebosennin, and so pastinya GAUL”. Dan ¼ - nya lagi mengatakan “Guru apa itu, dikit-dikit denda, dikit-dikit alpha, kok diterima sih di SMK 2 ini”. Yaa begitulah tanggapan dan respon dari murid-murid di kelas yang saya huni.
                Kalau tanggapan privasi-ku sendiri sih, Bu Endang itu tau apa yang dibutuhkan oleh seorang siswa yang pintar maupun yang agak bodoh, dan selalu mencoba membuat kondisi dan jalannya pelajaran selalu asyik dan tidak membosankan, dan bisa menyulap sebuah mata pelajaran yang menurut tanggapan banyak orang itu adalah pelajaran yang membosankan, tapi di tangan beliau tanggapan tersebut di ubah dan di jadikan sebuah pelajaran yang mengasyikkan dan seru. Dan setiap pembelajarannya beliau selalu menyelipkan canda tawa dan kegembiraan, jadi murid-murid itu tidak setres dengan pembelajaran yang sedang berlangsung dan kalau dalam bahasa gaulnya tuh “Refresh”.
                Itulah sekilas pengenalan tentang guruku yang super gokil. Lain kali saya pasti akan menceritakan lagi semua tentang apa saja dikehidupanku. Oke bye bye..

No comments:

Post a Comment

Komentar, pesan, kritik, dan saran...