Friday 5 July 2013

Bisakah kita mengubah takdir?


Hai guys, udah lama banget nih nggak ngeposting. Biasalah orang penting, banyak urusan. Seperti undangan Presiden, Jumpa Fans, dan masih banyak lagi :D . Oke sekarang saya akan ngeposting tentang Bisakah kita mengubah takdir?. Mungkin kalian pernah berfikir dan bertanya pada diri sendiri *kayak orang gila aja “Bisakah kita mengubah takdir?” “Bukankah takdir semua orang itu sudah ditentukan oleh Allah?” “Dan bagaimana caranya kita mengubah takdir?”. Dan dari hasil survey saya, banyak orang yang tidak tau jawabannya dan bahkan ada juga yang bertanya balik.
Dan jawabannya adalah : takdir itu ada yang bisa dirubah dan ada yang tidak bisa dirubah, atau dalam istilahnya itu “Takdir Paten”. Ngertikan takdir paten? Kalau ada yang belum ngerti, dingerti-ngertiin aja lah. Oke kita akan bahas satu-satu tentang macam-macam takdir ini :

1. Yang pertama adalah Takdir Mubram (takdir yang tidak bisa diubah)
                Takdir ini adalah takdir Allah yang tidak bisa diubah oleh semua orang. Karna sejak lahir manusia telah diberi takdir yang sudah mutlak atau paten atau tidak bisa ubah. Contohnya seperti : Bentuk kekurangan dan kelebihan manusia. Ada orang yang dilahirkan dengan mata sipit, bibir tebal, badan besar, kulit hiltam, dan sebaliknya. Dan atau yang lebih buruk dari itu (Naudubillahi mindaliq).
 Tapi jangan pernah putus asa, hidup didunia yang fana ini hanyalah sekejab. Jadi pastikan sisa hidupmu itu dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk mengabdi kepada kepada Allah, melakukan perintahnya dan menjauhi larangannya.
Kalau anda sedang dilanda musibah bersabarlah. Kalau anda terus-terusan dilanda musibah, sampai-sampai kesabaranmu benar-benar diuji, tetaplah bersabar. Karna orang yang selalu diuji oleh Allah itu tandanya orang itu disayangi oleh Allah. Maka dalam hidup ini janganlah terlalu banyak mengeluh, jalanilah dengan apa adanya dan nikmatilah hidupmu. Dan kalau anda sedang diberi nikmat yang berlimpah bersyukurlah. Bersyukurlah kepada Allah, maka hidupmu akan tenang dan akan terasa nikmat.

2. Yang kedua dan yang terakhir adalah Takdir Muallaq (takdir yang diubah)
                Takdir ini adalah takdir Allah yang bisa diubah oleh semua orang. Karna sejak lahir manusia telah diberi akal sehat dan pikiran jernih untuk bisa memilih jalan mana atau yang mana yang harus dijalanin. Contahnya seperti : Sebuah cita-cita. Seorang anak mempunya cita-cita menjadi programmer yang handal dan mengusai dibidangnya. Tentunya anak itu harus belajar dengan tekun dan berusaha untuk mencapai cita-cita tersebut, dan disertai dengan berdo’a kepada Allah supaya dilancarkan jalannya.

"Katanya Allah itu punya rencana yang lebih dahsyat dan lebih hebat dari kita inginkan. Lalu kenapa harus berusaha?"

Kalau pemikiran anda seperti itu, Ada contoh yang lebih tepat. Misalnya anda ingin membeli makanan diseberang jalan karna lapar, dan anda tidak ingin berusaha untuk menyeberangi jalan itu karna malas, sebagainya. Terus mau menunggu sampai kapan. Samapai lebaran monyet pun anda tidak akan mendapatkan makanan yang anda inginkan, bisa mati ditempat anda nanti. Allah tidak akan membantu hambanya yang tidak mau berusaha. Dan sebaliknya, Allah akan membantu hambanya yang mau berusaha.

Singkanya : Rencanakan jalan hidupmu sendiri dan berusahalah untuk mendapatkannya. Kalau anda sudah berusaha dan tetap gagal itu adalah kuasa Allah. Karna manusia hanya bisa berencana, dan Allah-lah yang memutuskan.

Itulah artikel yang bisa saya bagikan. Kalau ada salah kata tolong dibenarkan, dan kurang lebinya mohon maaf. Wassalamualaikum Wr. Wb.

2 comments:

Komentar, pesan, kritik, dan saran...