Saturday 23 June 2012

K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja)


--Difinisi


 
A. Filosofi K3
Suatu pemikiran dan upaya untuk menjamin keutuhan dan kesempurnaan baik jasmani maupun rohani, tenaga kerja khususnya dan manusia umumnya, hasil karya dan budaya menuju masyarakat yang adil dan makmur.

B. Keilmuan
Ilmu pengetaahuan dan penerapannya dalam usaha mencegah, kemungkinan terjadinya kecelakaan dan penyakit akibat kerja.

C. Praktis K3
Upaya perlindungan agar tenaga kerja selalu dalam keadaan selamat dan sehat selama melakukan pekerjaan ditempat kerja maupun sumber kerja dan proses produksi dapat secara aman dan efisien dalam pemakaiannya.


--Tujuan



A. Menjamin Kesempurnaan Jasmani dan Rohani Tenaga Kerja Serta Hasil Karya dan Budaya

B. Mencegah dan Mengurangi Terjadinya Kecelakaan dan PAK (Penyakit Akibat Kerja).

C. Menjamin
1.  Setiap tenaga kerja dan orang lainnya yang berada ditempat kerja mendapat perlindungan atas keselamatannya.
2.  Setiap sumber produksi dapat dipakai dan dipergunakan secara aman dan efisien.
3.  Proses produksi berjalan lancer.



--Persiapan dan Keselamatan Kerja dalam Merakit PC

1. Obeng, tang, AVO meter (bila ada), solder, timah solder, isolasi, tali pengikat kabel dan buku catatan. Solder maupun AVO meter jarang dipakai apabila mempergunakan komponen yang masih baik.

2. Pengukur arus dan tegangan listrik hanya dilakukan apabila komponen yang di pergunakan adalah komponen bekas yang belum di ketahui, apakah masih baik atau tidak.

3. Sebaiknya tidak menggunakan AVO meter apabila Motherboard masih baik, karna anda tidak tau titik-titik mana yang merupakan titik ukur. Kecerobohan dalam hal ini bisa menimbulkan akibat fatal.

4. Apabila anda mempergunakan komponen baru, anda tidak perlu melakukan pengukuran arus dan tegangan dengan AVO meter. AVO meter mungkin perlu di pergunakan hanya untuk mengetahui tegangan listrik di jala-jala listrik rumah anda saja.

5. Bila anda sudah mengetahui lihatlah di bagian Power Supply computer (terdapat di dalam Casing / kotak komputernya), apakah sudah di atur pada skala tegangan yang sesuai dengan tegangan listrik di tempat anda atau belum. Bila tipe Power Supply-nya tergolong tipe Otomatik, anda tidak perlu khawatir. Apabila Power Supply-nya tergolong Semi Otomatik, kemungkinan anda harus memindahkan posisi saklar pengatur 24 tegangan ke posisi. Tegangan yang sesuai dengan tegangan listrik di tempat anda.

No comments:

Post a Comment

Komentar, pesan, kritik, dan saran...