Saturday 14 July 2012

Pengertian Sepak Bola dan Teknik-Teknik Dasarnya


A. Permainan Sepak Bola

                Permainan sepak bola merupakan permainan beregu, dimainkan oleh dua kelompok, yang masing-masing kelompok terdiri dari sebelas pemain, sepak bola adalah suatu permainan yang dilakukan dengan jalan menyepak bola untuk memasukkan bola tersebut kedalam gawang lawan. Bola harus bulat, bagian luar dari bola harus dibuat dari kulit atau bahan lain yang diperkenankan. Permainan sepak bola menggunakan bola sebagai alat utamanya. Lingkaran bola tidak lebih dari 71 cm dan tidak dari 68 cm, berat bola antara 396 gram – 453 gram.


B. Peraturan Permainan Sepak Bola

1. Durasi Pertandingan
                Pertandingan berlangsung 2 x 45 menit diselingi waktu istirahat 15 menit. Durasi pertandingan tidak dihitung dalam kasus : pergantian pemain, pemain cidera dan harus dibawa keluar lapangan, dan kasus lainnya.


2. Jumlah Pemain Sepak Bola
                Pertandingan dimainkan dua regu yang masing-masing terdiri atas 11 pemain, pergantian pemain maksimal 3 orang dari suatu pertandingan. Dalam pertandingan lain, penggantian dapat dilakukan sampai 5 orang pemain, pemain dapat bertukar posisi dengan penjaga gawang, asalkan mendapat persetujuan wasit sewaktu pertandingan sedang berhenti atau bola mati.


C. Teknik-Teknik Dasar Sepak Bola

                Teknik dasar sepak bola terdiri atas bermacam-macam gerakan. Keahlian seseorang dalam memainkan bola sangatlah berguna untuk suatu pertandingan yang berkualitas. Teknik dasar permainan sepak bola dapat dibedakan sebagai berikut :

1. Teknik Tanpa Bola
                Teknik badan adalah cara pemain menguasai gerak tubuhnnya dalam permainan, yang menyangkut cara berlari, cara melompat dan cara gerak tipu badan.

2. Teknik dengan Bola
                Beberapa latihan yang menggunakan bola :

a. Teknik Menahan Bola
                Ada tiga macam jalannya bola, yang masing-masing memerlukan cara tersendiri untuk menahannya. Pertama bola menyusur tanah (ground ball), kedua bola memantul (bouncing ball) dan ketiga bola tinggi. Teknik menahan bola antara lain : Menahan bola menyusur tanah dengan kaki bagian dalam dan dengan telapak kaki, Menahan bola memantul dengan kaki bagian dalam, kaki bagian luar, telapak kaki, dengan perut, Menahan bola di udara (tanpa jatuh ke tanah) dengan kaki bagian dalam , paha, dada, kepala dan punggung kaki.

b. Teknik Menggiring Bola (Dribbling)
                Pada umumnya, dribbling dilakukan dengan tiga cara, yaitu : Menggiring bola dengan kaki bagian dalam, Menggiring bola dengan kaki bagian luar, dan Menggiring bola dengan punggung kaki.

c. Teknik Menendang Bola
                Menendang merupakan factor terpenting dan utama dalam permainan sepak bola. Untuk menjadi seorang pemain sepak bola yang sempurna, perlulah pemain mengembangkan kemahirannya menendang dengan menggunakan kedua belah kakinya. Sebenarnya menendang adalah seni. Teknik ini memerlukan kemampuan mengukur jarak dan arah. Oleh karena itu, seorang pemain yang hendak menendang bola harus dapat mengukur sejauh manakah tendangannya dapat dicapai dank e arah manakah bola itu hendak dituju.

Itulah beberapa info tentang sepak bola dari saya. Semoga bermanfaat.

5 comments:

  1. hehe, sy nggak tertarik main bola...
    tapi kalo nonton bola, baru sy minat banget.. hehehe
    #kunjungan balik nie sob, thanks ya tas kunjungannya
    sukses trus dengan blognya

    ReplyDelete
  2. Min nigh blog bermanfaat banget buat PR gua.
    Makasih ya min
    Thankyou :D

    ReplyDelete
  3. Min lahir d palu?
    Aku lahir d makassar, tapi skrng sdh sklh d Palu, klu aku kelas 7 SMP
    nama SMP nya SMP 1 PALU
    klu nama SMP nya min apa?

    *Maaf kalau banyak tanya :P

    ReplyDelete
  4. @Rifky saya orang madura, sudah sekolah SMK sekarang :)

    ReplyDelete

Komentar, pesan, kritik, dan saran...